Tingkat Pertumbuhan Ekonomi 5%, Wakil Ketua NPC \\\”Anda Harus Berterima Kasih\\\”

JAKARTA – Taufik Kurniawan, Wakil Ketua DPR RI menyoroti situasi ekonomi saat ini. Tawfik mengatakan ekonomi global masih dalam ketidakpastian, namun kondisi ekonomi saat ini mulai membaik.

“Situasi ekonomi global sedang tidak stabil, namun menurut data terbaru dari Badan Pusat Statistik, laju pertumbuhan ekonomi tercatat 5,02% per tahun dan 3,02% per triwulan, sehingga patut kita syukuri. Tingkat pertumbuhan pada kuartal kedua 2016 menurun atau melambat menjadi 5,19% year-over-year dan 4,03% quarter-over-quarter.”

Tawfiq menilai, angka tersebut secara umum masih bisa diterima mengingat situasi ekonomi global atau internasional yang masih lesu. Demikian pula, pertimbangkan pengeluaran pemerintah yang melihat penghematan.

“Lemahnya konsumsi pemerintah karena penghematan ini. Perekonomian daerah secara signifikan dipengaruhi oleh kondisi ekonomi global yang lemah dan penurunan harga bahan baku,” kata Tawfiq Kurnouan.

Namun, Tawfiq mengatakan pemerintah patut bersyukur dengan kinerjanya saat ini yang masih mampu mempertahankan pertumbuhan di atas 5%. Begitu pula dengan konsumsi rumah tangga yang masih tumbuh kuat dengan volatilitas harga yang cukup terjaga.

Menurutnya, dibandingkan triwulan sebelumnya, penurunan tersebut masih perlu perbaikan, namun tetap menggembirakan. Tentunya, masih banyak yang bisa dinantikan di kuartal keempat tahun ini, saat pemerintah menggenjot belanja pemerintah secara maksimal.

“Tentu saja, pengeluaran yang lebih tinggi menjelang akhir tahun berkontribusi pada konsumsi dan investasi yang lebih tinggi dan dapat menyebabkan tingkat pertumbuhan yang lebih tinggi pada kuartal berikutnya, meskipun kita harus mewaspadai situasi ekonomi global,” katanya. Tawfiq Kurnouan.

Politisi tersebut juga percaya bahwa lingkungan investasi dalam negeri saat ini sangat baik. Kesediaan pemerintah untuk menjawab berbagai tantangan tersebut terutama cukup untuk menjamin rasa aman investasi dan iklim yang sejuk.