Instagram Meluncurkan Fitur Mode Senyap Untuk Membantu Pengguna Florespos

Instagram meluncurkan fitur baru bernama Quiet Mode yang memungkinkan pengguna tetap fokus pada aktivitas tertentu, seperti mengemudi atau belajar.

Perusahaan induk Instagram, Meta, juga menyarankan para remajanya untuk mengaktifkan mode senyap saat menghabiskan waktu di platform pada larut malam.

“Hari ini kami meluncurkan Mode Tenang di Instagram, yang membantu orang tetap fokus dan mendorong orang untuk menetapkan batasan dengan teman dan pengikut mereka,” kata Florespos.co.id dalam pengumuman tersebut.

Dalam pernyataan di situs resminya yang dikutip pada Jumat, 20 Januari 2023, Meta menyebutkan bahwa pengguna tidak akan menerima notifikasi apa pun setelah mengaktifkan mode senyap.

Status aktivitas profil Anda juga akan berubah, memberi tahu orang-orang dan ketika seseorang mengirimi Anda pesan langsung (DM), Instagram akan membalasnya secara otomatis.

Pengguna juga dapat mengatur waktu mode senyap agar sesuai dengan jadwal mereka. Jika Anda mematikan fitur ini, Instagram akan memberi Anda ringkasan notifikasi singkat tentang barang yang hilang saat mode senyap aktif.

“Siapa pun bisa menggunakan mode senyap, tapi kami meminta remaja untuk menggunakannya saat mereka menghabiskan waktu di Instagram larut malam,” tulis Mehta.

Fitur Instagram baru ini tersedia untuk semua pengguna di AS, Inggris, Irlandia, Kanada, Australia, dan Selandia Baru. Nantinya mode ini akan diperluas ke lebih banyak negara.

Bersamaan dengan Mode Diam, Instagram juga meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna memberi tahu platform tentang rekomendasi yang tidak ingin mereka lihat.

“Kami ingin memberi orang lebih banyak kendali atas konten yang mereka lihat di Instagram, jadi kami memperkenalkan fitur baru yang memberi tahu kami konten apa yang tidak ingin direkomendasikan orang,” kata Meta.

Fitur baru ini memungkinkan pengguna memilih untuk menyembunyikan beberapa konten yang tidak mereka minati dari penjelajahan.

Jika pengguna mengungkapkan kurangnya minat, Instagram akan mencoba untuk menghindari menampilkan jenis konten ini di masa mendatang di tempat lain yang direkomendasikan, seperti Reel, Pencarian, dan lainnya.

Instagram juga memperluas kemampuan untuk menyembunyikan komentar atau pesan langsung yang berisi kata-kata tertentu ke postingan yang disarankan. Fitur ini dapat diakses melalui bagian Kata Tersembunyi di Pengaturan Privasi.

Beberapa waktu lalu dikabarkan Instagram telah menghapus tab Shopping alias Shopping dari bar utama di bagian bawah layar.

Nantinya, tombol New Upload Action akan dipindahkan ke bagian bawah (tengah). Sementara itu, tab Reels di tengah bilah navigasi kini menggantikan tab Belanja.

Pada bulan September, Instagram mulai menguji feed utama tanpa tombol belanja untuk menyederhanakan pengalaman Instagram bagi pengguna.

Namun menurut Instagram, seperti dilansir The Verge pada Selasa (1 Oktober 2023), penghapusan tab Belanja adalah bagian dari sesuatu yang lebih besar.

Perusahaan mengatakan bahwa meskipun tab Belanja dihapus, Belanja akan tetap menjadi bagian dari Instagram, tanpa pintasan yang menonjol di beranda.

“Anda tetap dapat menjalankan toko Anda di Instagram karena kami terus berinvestasi dalam pengalaman berbelanja yang memberikan nilai terbaik bagi orang dan bisnis melalui feed, story, reel, iklan, dan lainnya,” kata Instagram.

Seperti platform lainnya, Instagram telah berinvestasi dalam alat belanja untuk memungkinkan konsumen berbelanja melalui aplikasi. Saat ini, rekomendasi produk yang dipersonalisasi sering mengisi tab belanja Instagram.

Sementara itu, Instagram belum mengatakan apa yang akan terjadi pada tab Belanja khusus setelah perombakan bulan depan.