Cara Mudah Merekam Video Konser Dengan FlexCam Galaxy Z Flip 4

Menghadiri konser merupakan kegiatan yang sangat melelahkan.

Selain bersorak, bernyanyi, dan bersorak bersama, masyarakat yang berkunjung ke venue biasanya mengambil video atau foto suasana venue dan penyanyi favoritnya di atas panggung.

Apalagi jika menyangkut perekaman video, kegiatan tersebut biasanya bisa membuat tangan Anda pegal. Ini terutama benar jika Anda merekam video dalam rasio aspek atau orientasi ponsel Anda daripada potret.

Ini karena biasanya Anda harus menggunakan dua tangan agar video yang direkam tidak goyah.

Kini, dengan ponsel lipat Samsung Galaxy Z Flip 4 terbaru, pengguna tidak lagi merasa sakit saat merekam video konser.

Pasalnya, perangkat tersebut dilengkapi dengan FlexCam, fitur yang memungkinkan Anda merekam video secara horizontal saat dipegang seperti VCR camcorder tradisional.

Cara menggunakan fitur FlexCam dengan kamera manual di Galaxy Z Flip 4

/Bill Clinten FlexCam Galaxy Z Flip 4 karya rekaman video dari konser HITC Jakarta 2022.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna cukup melipat Galaxy Z Flip 4 dengan sudut 75 hingga 115 derajat (dilipat dua), lalu membalik orientasi ponsel ke landscape sambil memegang bagian bawah perangkat.

Pengguna kemudian dapat membuka aplikasi kamera dan memilih menu “Video”.

Pada tampilan video, pengguna dapat memilih aspek rasio dan resolusi video yang diinginkan (hingga 4K 60fps), serta mengaktifkan fitur pendukung lainnya seperti Super Steady untuk mitigasi guncangan saat proses perekaman video.

Jika sudah, pengguna menekan tombol merah “Bidik” untuk memulai proses perekaman, lalu menekan tombol “Stop” untuk menjeda atau “Jeda” untuk menjeda perekaman video.

Selama proses perekaman, pengguna dapat memperbesar secara digital (digital zoom) hingga 10x dengan menekan jendela bidik tempat gambar video ditampilkan.

Menggunakan FlexCam ala Handycam di HITC Jakarta 2022

/Bill Clinten Fitur FlexCam memungkinkan Anda merekam momen pesta seolah-olah menggunakan kamera yang nyaman.

Nah, KompasTekno berkesempatan menjajal fitur FlexCam dari manual camera style recording di festival musik Head in the Clouds (HITC) Jakarta 2022. Bagaimana hasilnya?

Lantas, bagaimana pengalaman merekam video dengan FlexCam Galaxy Z Flip 4 di HITC Jakarta 2022?

Fitur ini menurut kami sangat cocok untuk kegiatan merekam video yang sudah berkali-kali dilakukan di festival musik.

Karena mode perekaman ala Handycam membuat tangan Anda tidak lelah, mengingat betapa membosankannya berdiri di depan panggung, atau lebih tepatnya, di sebuah festival selama berjam-jam.

Selain itu, saat menggunakan fitur FlexCam, hasil video tidak terlalu bergoyang. Mungkin karena stabil dengan satu tangan.

Fungsi Super Steady tidak diaktifkan selama mode perekaman. Alasannya, kami memutuskan untuk menonaktifkan fitur Digital Image Stabilizer milik Samsung, karena fitur ini dapat membuat hasil rekaman video menjadi kurang terang.

video malam yang lembut

/Bill Clinten FlexCam Galaxy Z Flip 4 karya rekaman video dari konser HITC Jakarta 2022.

Seperti diketahui, acara HITC Jakarta 2022 berlangsung dari siang hingga malam dan tidak ada masalah dengan kualitas video saat merekam dalam kondisi terang maupun gelap.

Perekaman video lancar dan lancar, mungkin karena memiliki fitur Nightography yang mampu meningkatkan kualitas gambar yang ditangkap kamera Galaxy Z Flip 4 dalam kondisi malam hari.

Ini menggunakan mode perekaman video 4K dengan kecepatan bingkai 60 fps untuk kualitas gambar maksimum, dan mode zoom digital yang populer adalah 2x-4x.

Dalam tampilan yang diperbesar ini, kami berdiri sekitar 10-25 meter dari panggung konser dan menilai kualitas gambarnya masih sangat bagus dan terlihat tajam.

Sebagian besar video yang diambil pada acara HITC Jakarta 2022 memiliki kualitas yang baik karena memiliki resolusi 4K.

Jadi, pengguna yang ingin merekam video konser ala kamera dengan mudah menggunakan Galaxy Z Flip 4 bisa membeli perangkat tersebut dengan harga termurah Rp 14 juta (8GB/128GB). Ponsel lipat ini tersedia di berbagai toko Samsung di seluruh Indonesia.

Sumber: