7 Perbedaan Android TV Dan Smart TV, Jangan Salah

Apakah Anda berencana membeli TV baru untuk rumah Anda? Lihat 7 perbedaan antara Android TV dan Smart TV ini untuk menghindari membeli perangkat yang salah.

Tidak dapat disangkal bahwa memahami perbedaan antara Smart TV dan Android TV bisa sangat membingungkan. Karena keduanya sangat mirip.

TV Android pada dasarnya adalah semacam TV pintar. Namun, ada beberapa perbedaan yang membuatnya lebih cocok daripada yang lain untuk situasi rumah Anda.

Keduanya sangat mirip sehingga Android TV pada dasarnya adalah sejenis smart TV. Namun, ada beberapa perbedaan yang membuatnya lebih cocok untuk rumah Anda daripada yang lain.

Smart TV, juga dikenal sebagai TV Internet, menyediakan fitur khusus dan program tambahan melalui koneksi Internet. Anda dapat mengakses konten online dengan menyambungkan Smart TV ke Internet secara nirkabel atau melalui kabel Ethernet.

Smart TV hadir dengan sistem operasi yang serupa dengan yang digunakan oleh smartphone dan komputer. Sebagian besar smart TV dilengkapi dengan aplikasi bawaan seperti Netflix, YouTube, Facebook, dll. sehingga Anda dapat bermain game, menonton video, dan streaming film.

Android TV adalah sejenis TV pintar dengan fitur serupa seperti aplikasi bawaan dan koneksi internet. Perangkat berjalan pada sistem operasi Android yang dibuat oleh Google.

Android TV dapat mengakses Google Play Store, sehingga Anda dapat mengunduh dan memperbarui aplikasi versi terbaru. Sebagai bonus tambahan, banyak perangkat TV Android menawarkan akses ke Chromecast bawaan dan Asisten Google untuk pengalaman TV yang lebih baik.

Perbedaan utama antara Android TV dan Smart TV adalah sistem operasinya. Smart TV ditenagai oleh sistem operasi yang berbeda tergantung pada merek yang Anda pilih. Misalnya, LG menggunakan sistem operasi yang disebut WebOS dan Samsung Smart TV hadir dengan sistem operasi yang disebut Tizen.

Di sisi lain, Android TV berjalan di sistem operasi Android yang dikembangkan oleh Google. Anda dapat dengan mudah mengontrol TV Android Anda dengan ponsel cerdas atau jam tangan pintar Android Anda, memberi Anda pengalaman keseluruhan yang lebih baik.

Smart TV vs Android TV, mana yang lebih baik dalam hal ketersediaan aplikasi? TV Android akan menjadi pemenangnya.

Keduanya mendukung banyak aplikasi bawaan, tetapi berkat dukungan Play Store Android TV, Anda dapat menggunakan berbagai aplikasi j6000 termasuk YouTube, Netflix, Disney Hotstar, dan Prime Video.

Smart TV tidak memiliki fitur ini karena hanya menyediakan akses ke beberapa aplikasi bawaan yang populer. Belum lagi sulit mendapatkan pembaruan aplikasi di smart TV, sehingga beberapa aplikasi tidak mendukungnya.

Android TV tidak hanya menawarkan lebih banyak aplikasi, tetapi juga memenangkan pertarungan antara Android dan Smart TV dalam pembaruan firmware dan aplikasi. Perangkat TV Android biasanya paham teknologi dan bersemangat untuk memberikan pembaruan.

Anda juga dapat menikmati update otomatis saat terhubung ke internet. Di sisi lain, banyak smart TV tidak sering diperbarui dan sistem operasi TV menjadi usang setelah beberapa tahun.

Perbedaan penting lainnya antara Android dan Smart TV adalah fitur asisten suara. Asisten Google yang terpasang di Android TV membedakannya dari pesaing.

Fitur ini memungkinkan Anda untuk berpindah saluran dan menelusuri konten favorit Anda secara online menggunakan kontrol suara, sehingga tidak memerlukan perangkat input.

Faktanya, banyak TV pintar juga mendukung kontrol suara, tetapi kemampuannya tidak sebaik Asisten Google.

Android vs Smart TV memberi Anda opsi pencerminan dari ponsel cerdas ke TV Anda. Namun, ini hadir dengan fungsionalitas Chromecast, membuat penyiaran layar di TV Android Anda menjadi mudah.

Anda juga mendapatkan gambar yang tajam dan video streaming dalam HD. Di sisi lain, meskipun smart TV memiliki fungsi pencerminan layar bawaan, pemasangan dan koneksi perangkat menjadi rumit.

Jika Anda akan memilih antara Android dan Smart TV dalam hal kemudahan pengalaman, Smart TV lebih unggul. Antarmuka yang sederhana dan intuitif memudahkan untuk beralih antar aplikasi saat muncul di layar beranda.

Alhasil, Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mempersiapkannya. Di sisi lain, Android TV mungkin sulit dinavigasi, terutama bagi mereka yang tidak terbiasa dengan ekosistem Android.

Smart TV menghadirkan kinerja yang lebih cepat berkat antarmuka yang sederhana dan dioptimalkan antara perangkat keras dan perangkat lunak. TV Android lambat, terutama setelah bertahun-tahun digunakan.

Red more: