Memaknai Hari Kelahiran 17 Tahun Provinsi Banten.


 Oleh : M. Asep Rahmatullah.

Banten adalah daerah yang sangat strategis yang mengubungkan antara dua Pulau, yaitu Jawa dan Sumatera. Secara wilayah geografis daerah Banten menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong, pencari kerja dan menetap tinggal di daerah para Jawara ini. 

Pada kesempatan kali ini, penulis mengajak kepada seluruh komponen unsur masyarakat untuk memaknai hari kelahiran provinsi Banten. Untuk memaknai 17 tahun berdirinya provinsi Banten, penulis mengajak untuk senantiasa berbuat melakukan sesuatu yang lebih bermanfaat bagi masyarakat Banten baik di dunia maupun akhirat. Dengan kekayaaan sumber daya alam (SDA) yang kaya dan luas sudah seharusnya pemerintah provinsi Banten dan kabupaten kota di Banten dapat menggali, mengembangkan mengelola dan mengurus dengan baik dan benar untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat Banten. 

Oleh karena itu, pentingnya memperbaiki sistem dan meningkatkan sumber daya manusia untuk perbaikan tata kelola pemerintahan yang baik. Sudah sa'atnya seluruh unsur masyarakat baik pemimpin, pemerintah dan rakyatnya evaluasi dan intropeksi diri mengatasi kelemahan dan mengembangkan potensi kelebihannya untuk Banten lebih baik.

Jauhi kegiatan ritual ceremonial belaka, pemerintah harus fokus menata hak-hak kebutuhan dasar masyarakat baik menata perekonomian, pendidikan dan kesehatan. 

Ketiga unsur ini memang aspek fundamental yang harus terus di bina dan di perbaikinya. Maka dari itu semua, mari kita berbuat yang terbaik untuk tanah para Jawara, ulama dan sultan jni. Keluarkan segala ide, gagasan solusi yang konstruktif secara holistik untuk pembangunan Banten yang lebih baik. Selamat Ulang Tahun Provinsi Banten yang ke 17. Semoga terwujud perubahan yang nyata. []


Penulis : Ketua DPD IMM Provinsi Banten.