IMM NTB : Mengutuk Kejehatan Genosida Myanmar Di Etnis Rohingya


Mataram - Ketua Umum Dewan Pimpinan Daerah  Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Nusa Tenggara Barat menilai, pembantaian besar-besaran di Etnis Muslim Rohingnya oleh pemerintah Myanmar sebagai tindakan Genosida, yang perlu dikutuk bersama.

"Pembantaian besar-besaran di Myanmar yang lebih dari 3.000 jiwa muslim Rohingya menjadi korban kebiadaban tentara Myanmar, dan juga kaum mayoritas merupakan kejahatan terbesar terhadap minoritas di Asia", Kata Ketua Umum DPD IMM NTB, Supratman di Keterangan tertulis yang diterima oleh Media IMM.or.id, Jumat, (01/09).

Senada dengan itu, ia menuturkan, bahwa kekejaman tersebut merupakan penindasan dan kejahatan kemanusiaan.

Mantan Ketua Umum Pimpinan Cabang (PC) IMM Kota Mataram ini menilai juga, bahwa tindakan genosida yang dilakukan oleh pemerintah Myanmar tersebut kejahatan yang luar biasa, "Etnis Rohingya juga sebagai manusia punya hak hidup, yang aman dan damai. Kami mengajak seluruh masyarakat dunia untuk mengutuk tindakan kejahatan kemanusiaan Myanmar tersebut", ujaranya, mengulangi kata mengutuk Myanmar secara bersama-sama.




Ia juga  mendesak pemerintah Indonesia, harus melakukan upaya perdamaian atas kejahatan pemerintah Myanmar, ia menjelaskan bahwa UUD 1945 telah menjamin bahwa negera Indonesia harus menjamin keamanan dan ketertiban dunia. Sebagaimana yang termaktub dalam pembukaan UUD 1945 yaitu Penjajahan Di Atas Dunia Harus Dihapuskan Karena Tidak Sesuai Dengan Pri Kemanusiaan Dan Pri Keadilan. Ujar Alumni Pasca Sarjana Universitas Negeri Makasar ini.

Kemudian Ia menambahkan, bahwa IMM NTB mendesak pemerintah untuk proaktif terhadap masalah ini, tegasnya. Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) juga harus serius mendamaikan atau menghentikan kekerasan kemanusiaan ini. Terutama pernghargaan hadiah Nobel Perdamaian yang diberikan kepada Pemimpin tertinggi Myanmar Aung San Suu Kyi yang sudah layak, dan harus dicabut oleh Komite Nobel, karena tidak sesuai dengan realita di Myanmar. Tandas Mantan Ketua Bidang Kader DPD IMM NTB periode 2014-2016 ini. []  



Penulis : Zainul Abidin An-Suma
Editor   : Din Salahudin