STKIP Muhammadiyah Bogor Mempersiapkan Calon Pendidik Melalui Magang di Sekolah



Bogor - Sebagai salah satu muatan wajib kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) sekaligus pengejawantahan dari Tri-Dharma Perguruan Tinggi, STKIP Muhammadiyah Bogor sebagai satu-satunya institusi berbasis pendidikan di Kabupaten Bogor bagian barat kembali melaksanakan kegiatan Magang mahasiswa tahun 2017 yang bermitra dengan beberapa sekolah tingkat SMP dan SMA se-Bogor Barat. Magang—program pelatihan profesi mahasiswa—terbagi ke dalam tiga tahapan yaitu Magang 1, 2 dan 3.

"Bahwa mahasiswa calon pendidik tidak akan pernah cukup hanya dengan muatan teoritis saja betapapun banyaknya, namun lebih dari itu, mereka harus mampu menerjemahkan pemahaman teori secara aplikatif dilingkup empirisnya", Kata, Ramdan Nugraha Dosen Pembimbing Magang 1 STKIP Muhammadiyah Bogor, dipress rilisnya diterima oleh Media IMM.or.i pada, Kamis, (10/08)

Ia menuturkan juga bahwa, Magang 1 adalah orientasi mengajar, dimana mahasiswa melakukan pengamatan langsung ke sekolah mitra untuk melihat lingkup akademik dan non-akademik yang berhubungan erat dengan nilai-nilai kependidikan yang harus mereka pahami sebelum benar-benar menjadi tenaga pendidik atau guru. Kemudian Magang 2 adalah tahap lanjutan yang lebih fokus pada persiapan mengajar yaitu mahasiswa mulai mempelajari dan memahami silabus serta Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) melalui bimbingan Guru Pamong yang ditetapkan oleh Kepala Sekolah mitra. Tahapan terakhir adalah Magang 3 sebagai bentuk aplikasi kemampuan dan pemahaman yang telah didapatkan mahasiswa pada Magang 1 dan 2.Ujarnya.

Lebih lanjut ia, menjelaskan. Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Bogor yang terdiri dari tiga program studi (Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris dan Administrasi Pendidikan) telah selesai melaksanakan Magang 1 sejak 24 Juli s.d. 8 Agustus 2017 yang bertempat di SMPN 2 Cibungbulang Kabupaten Bogor. Selama kurang lebih 12 hari, mahasiswa melakukan pengamatan secara menyeluruh terkait hal-hal yang ada di sekolah baik sumber daya manusianya maupun kegiatan-kegiatan akademik dan non-akademik disana. Dalam sambutannya, H. Rahmat Padillah, S.Pd.,M.M. (Kepala SMPN 2 Cibungbulang) menyampaikan ucapan terimakasih kepada mahasiswa yang sudah percaya untuk menjadikan sekolah yang beliau pimpin sebagai suatu role model pembelajaran bagi praktikan Magang dari STKIP Muhammadiyah Bogor.

Pada Sambutannya juga, dia mengakhiri dengan mengapresiasi mahasiswa yang telah secara maksimal menjalankan program sebagaimana yang diharapkan. Ramdan menyampaikan  Melalui program Magang ini, diharapkan mahasiswa akan mampu melakukan penguatan kapasitas mereka sebagai seorang intelektual dan juga sebagai agen perubahan sosial dalam takaran yang seimbang dan terukur demi perbaikan pendidikan bangsa ke depan yang jauh lebih baik. Ujarnya. []



Penulis : Editor : Zainul Abidin An-Suma