Ketum Baru PC IMM Malang Adi Munazir Serukan Sinergi Gerakan Dakwah


Malang - Ketua Umum Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Malang Raya terpilih periode 2017/2018, Adi Munazir, menyerukan kepada 22 komisariat se-Malang Raya untuk melakukan rekonsiliasi. Diakuinya, meskipun tidak terjadi sesuatu yang cukup genting, namun dari beberapa kejadian-kejadian selama ini kiranya dibutuhkan proses rekonsiliasi agar internal IMM Malang Raya bisa semakin kuat. 

“Sehingga untuk membangun jaringan-jaringan di wilayah eksternal akan menjadi bagian yang akan kita tuju secara bersama,” kata Adi saat penutupan Musyawarah Cabang ke-XXII IMM Malang Raya di Aula Masjid AR. Fachruddin Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Rabu (30/8) malam.

Dalam periode kepemimpinannya, Adi juga bakal mengajak seluruh Komisariat untuk saling bersinergi dalam gerakan dakwah guna membangun Ikatan yang bersifat progresif dan mencerahkan. Dengan mengutip Benjamin Franklin, Adi menyebut ketika seseorang tidak lagi melakukan perubahan, maka hidupnya bisa dikatakan telah selesai atau mati. Tuturnya

“Kalau mengaca dari hal itu, sebagai kader, maka kita harus selalu melakukan perubahan, harus progresif serta mencerahkan seperti yang ditunjukan pada lambang  Muhammadiyah (Matahari, red) itu sendiri,” ungkap mantan Ketua Umum Pimpinan Komisariat Tamaddun Fakultas Agama Islam UMM periode 2014/2015 itu.

Ia juga mengutip pendapatnya Buya Syafii Maarif bahwa, Persyarikatan Muhammadiyah bukanlah organisasi politik, melainkan organisasi non-politik yang berorientasikan dakwah. Lebih lanjut Adi menuturkan bahwa Buya Syafii mengasumsikan, gerakan dakwah itu sifatnya merangkul, sedangkan gerakan politik itu sifanya memukul, yakni hanya menguntungkan satu pihak saja. Ujarnya.

“Semoga gerakan dakwah yang saya maksudkan dalam visi tadi adalah salah satu cara bagaimana mensinergikan gerakan-gerakan yang selama ini muncul, yang harus kita hargai sebagai lokalitas atau dalam istilah lain sebagai local wisdom  dari masing-masing komisariat. Sehingga dengan sinergi gerakan dakwah, nantinya akan dapat mengakomodir segala hal yang berhubungan dengan kesenjangan-kesenjangan ataupun pola-pola pemikiran yang selama ini kita tonjolkan,” ujarnya lagi.

Selain itu, ia menambahkan, untuk membangun Ikatan dibutuhkan seluruh komponen IMM Malang Raya untuk masuk di dalam struktural nantinya. “Saya harapkan kepada masing-masing komisariat yang belum terpilih di jajaran 13 formatur, dapat bekerjasama memperkuat struktural. Semoga IMM Malang Raya ini bisa lebih kuat, lebih maju, dan progresif serta mencerahkan bagi umat,” tandasnya.     

Ditemui dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum PC IMM Malang Raya peiode 2016/2017 Zul Fahmi menyampaikan ucapan terimakasih setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran PC IMM Malang Raya periode 2016/2017, Pimpinan Koordinator Komisariat, Korps Instruktur, 22 Komisariat IMM se-Malang Raya, Fokal IMM, serta seluruh elemen yang dengan penuh keikhlasan berjuang bersama-sama dalam merubah kondisi organisasi menuju ke arah yang lebih baik untuk mencapai cita-citanya.

“Di bawah kepemimpinan siapapun itu, tentunya Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiwa Muhammadiyah Malang Raya ke depan akan terus bergerak untuk mewujudkan gerakan intelektual yang senantiasa bersandar pada kerangka intellectual inrichment (pengayaan intelektual, red.) baik melalui studi di kampus  maupun ruang-ruang intelektual yang ada di IMM lainnya. Selanjutnya, tentu saja harus melakukan aksi nyata (praksis gerakan, red.) untuk menjawab permasalahan pokok yang sedang melanda kehidupan umat manusia,” pungkasnya. []



Penulis : Chandra
Editor   : Din Salahudin dan Zainul Abidin An-Suma