DPP IMM Bersinergi Dengan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan




Jakarta – Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, bersepakat untuk bersinergi mengawal perubahan iklim, dan akan bergerak bersama dan bersinergi melalui program-program lingkungan.

“Saya harap Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, sebagai generasi muda bisa bersinergi untuk mengawal perubahan iklim”, Kata Sekertaris Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim, Ir. Agung Setyabudi, M.Sc.  Saat sambutan pembukaan, di Audiensi dan Silaturahim rencana Kegiatan Simposium Nasional  Perubahan Iklim. Selasa, (15/08).

Senada dengan itu, ia juga mengatakan bahwa, penting bersinergi, karena menjaga perubahan iklim adalah bukan tugasnya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan saja, akan tetapi kewajiban semua, untuk menjaga dan melestarikan lingkungan dan perubahan iklim. Ujarnya.

Perubahan Iklim banyak ditandai dengan kenaikan suhu bumi. Kenaikan beberapa drajat Suhu Bumi menyebabkan, kepunahan species satwa, tumbuhan, merubah bentang alam bumi, merubah ekosistim, maupun ekologi bumi. Perubahan suhu beberapa drajat akan merusak kehidupan manusia. 

“Jika Suhu Bumi hanya naik 1 drajat, maka  akan terjadi perubahan cuaca yang tak menentu, dan kurangnya ketersediaan pangan seperti rumput untuk Sapi. Ketika naik 2 drajat maka akan terjadi kekeringan yang maha hebat, dan kelangkaan makanan secara hebat, mungkin gaji, kita hanya cukup untuk membeli beras jika suhu bumi naik 2 darajat. Jika yang naik suhu bumi hanya 3 drajat, maka kita akan mengalami kebakaran hutan yang maha dasyat, dan taman, hutan, dll, akan menjadi padang pasir. Dan jika naik suhu Bumi 4 drajat, maka berakhirlah peradaban manusia dipermukaan bumi ini, dan mungkin inilah kiamat yang dimaksud oleh agama, bumi tidak lagi layak huni”, Ujar Dirjen Mobilisasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Pak Ir. Achmad Gunawan W, M.Ch. disaat sambutannya juga dikegiatan silaturahim dan audiensi.



Pada kegiatan Silaturahim dan Audiensi Simposium Nasional Perubahan Iklim, DPP IMM, Melalui Sekertaris Bidang Lingkungan Hidup, IMMawan Aris Munandar, Mengatakan Bahwa akan berkomitmen dan secara berkelanjutan bahwa Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, akan bersinergi dan mengawal perubahan Iklim. 

Dan dalam proses sinergi program, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Melalui Dirjen Perubahan Iklim  yang diwakili Ir. Agung Setyabudi, M.Sc, menawarkan 2 Program ke DPP IMM yaitu Membuat Kampung Perubahan Iklim, dan Kedua, Simposiun Nasional Perubahan Iklim, dapat Mendeklarasikan Ikatan Mahasiswa Perubahan Iklim. Tuturnya.

Pada Kegiatan silaturahim dan Audiensi tersebut. Badan Pelaksana Harian (BPH) Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, ikut merembuk sinergisitas program perubahan iklim dengan kementerian Lingkungan hidup dan Kehutanan, seperti Ketua Bidang Media IMMawan Din Salahudin, Ketua Bidang IMMawati Oom Komariah, Sekertaris Bidang Organisasi, IMMawan Abdulah Keliobas.

Dan pada penutupan audiensi dan silaturahim, DPP IMM Melalui Ketua Bidang Media IMMawan Din Salahudin, dan Sekertari Bidang Lingkungan Hidup, IMMawan Aris Munandar, ingin mengantongi Ibu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, untuk menjadi Kaynote Spaker dalam acara Simposium Nasional Perubahan Iklim nanti. []


Penulis : Editor : Zainul Abidin An Suma